Sisi Mengejutkan Severus Snape di Film Harry Potter

Severus Snape
Severus Snape

Harry Potter merupakan suatu karangan novel ataupun cerita yang dibuat oleh J K Rowling. Kisah ini dibagi menjadi 8 dengan 7 judul berbeda, dari awal Harry Potter lahir, kehidupannya dan teman-temannya sampai dia memiliki anak. Jikalau kita menontonnya di tv, tentu karakter yang sering kita tahu adalah Harry, Hermoine, Ron, Dumbledore, Snape, Voldemort, Neville, dan Sirius Black.

Tetapi ada kisah menarik di balik Snape. Pria ini memiliki nama lengkap Severus Snape, seorang pria yang dingin, cuek, nampak seperti pembunuh, bahkan bisa dikatakan tidak ada sisi baiknya. Tetapi seharusnya kita mengetahui bahwa dia memiliki banyak sisi baik, di antaranya dia adalah seorang yang cerdas, orang kepercayaan Dumbledore, tegas, disiplin, dan ternyata dia menyimpan rasa yang cukup mendalam kepada ibu dari Harry Potter yaitu Lili Evans Potter.

Yap, disebutkan di dalam kisah bahwasannya Snape sangat membenci sosok Harry Potter, suka mengganggunya dan terlihat seperti penjahat. Dari kisah serial 1 sampai dengan 6 mungkin kita bisa mengatakannya seperti itu. Tetapi itu semua tidak benar, dia sangat setia dengan Hogwarts, dia tangan kanan dari Dumbledore. Semua sisi lain dari Severus Snape diungkapkan di serial ke-8 (terakhir) yaitu pada Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2. Sebenarnya Severus itu adalah orang kepercayaan Dumbledore, ketika Dumbledore terkena penyakit yang disebabkan horchux Voldemort yaitu cincin giant, yang menyebabkan umur Dumbledore tidak lama lagi. Di situ Dumbledore menjadi mata-mata Voldemort dan berperan sebagai agen ganda, orang kepercayaan Dumbledore dan mata-mata Voldemort. Dumbledore juga berpesan bahwasannya Snape harus membunuhnya (Dumbledore) agar Voldermort percaya dengannya. Ini juga dilakukan karena umur Dumbledore tidak lama lagi, Dumbledore juga berpesan bahwa anak itu (Harry Potter) harus mati pada akhirnya, karena sebagian jiwa Voldemor ada pada diri Harry. Sehingga Harry dapat berbicara ular dan dapat membaca pikiran Voldemort.

Sebenarnya dari dulu Snape juga selalu berusaha melindungi Harry dengan caranya sendiri, tanpa diketahui siapapun termasuk Harry. Jadi ketika dia mendapat perintah Dumbledore bahwa Harry harus mati dia tidak rela, alasannya adalah kecintaannya terhadap Lili Potter yang mati demi menyelamatkan Harry ketika kecil dulu. Tetapi Snape tidak mengungkapkannya, dia menjelaskan cintanya yang begitu besar kepada Lili Potter dengan menunjukkan sihir Patronum yang sama dengan Lili yaitu rusa betina.

Dan akhirnya di serial terakhir Harry Potter The Half Blood Prince, Severus Snape membunuh Dumbledore atas perintah Dumbledore sendiri, meskipun dia sangat merasa bersalah karena harus membunuh orang yang begitu dihormatinya. Dari situ dendam Harry Potter kepada Snape kian membara, dia bahkan menyebutnya pengkhianat. Tetapi Snape rela disebut penghinat dan pembunuh semuanya demi kecintaannya terhadap Lili Potter. Pada akhirnya kesetiaan dari Snape pun terungkap setelah melihat memori Snape lewat air matanya yang diambil Potter sesaat sebelum kematiannya yang disebabkan oleh Avada Kadavra Voldemort.

Itulah sisi lain dari Severus Snape, ternyata dia begitu loyal kepada Hogwarts dan menyayangi ibunda Potter, yang menyebabkan dia melakukan semua perannya. Bisa dikatakan, dia termasuk agen ganda terbaik yang pernah ada karena menjalankan semua perannya dengan baik tanpa cacat meskipun harus merelakan nyawanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
24 Desember 2015 pukul 20.21 delete

Nambah pengetahuan, sebelumnya aku gak pernah tau apa itu harry poter tapi setelah baca artikel di atas jadi sedikit tau

Reply
avatar